Monday, October 15, 2012

Antara Ekskul dan Prioritas Sekolah


Setelah melewati proses regenerasi yang panjang, kepengurusan yang baru dari masing-masing ekskul pun akhirnya terbentuk. Selamat untuk para pengurus yang baru! Yakinlah kepengurusan yang sekarang adalah yang terbaik bagi kalian dan juga bagi organisasi/ekskul yang bersangkutan.
Nah, berhubung di SMANSA itu kegiatan ekskul atau organisasi sama sekali ga bisa dipisahin dari kegiatan siswanya, pasti ada aja keluhan dari setiap siswa siswinya tentang masalah manajemen waktu. Gak jaran, banyak dari kita yang selama disibukkan dengan kegiatan organisasi/ekstrakurikulernya juga dituntut untuk bisa memprioritaskan pelajarannya. Bagi angkatan Rantai Emas dan Jangkar Bahtera yang akan menjadi pengurus di masing-masing organisasi dan ekstrakurikulernya, Obsbang mau bagi-bagi tips nih supaya kalian bisa memanage waktunya dengan baik.

Kondisi dimana banyaknya tugas antara sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler memang tidak bisa kita pungkiri untuk terjadi di SMANSA. Bahkan ada aja hari-hari dimana kondisi sekolah sendiri terasa sangat kejam bagi kita karena banyaknya tugas dan ulangan yang diberikan pada hari yang sama. Gak jarang, banyak orang yang bisa stress karena masalah seperti ini. Gimana sih tipsnya supaya gak stress?

1. Cicil pekerjaan dari awal, supaya gak numpuk. Apabila ada tugas-tugas yang sekiranya memang bisa dicicil dari awal, kenapa tidak? Toh pada akhirnya itu semua akan diselesaikan, dan kalau kita sudah menyicilnya dari awal, bebannya tentu tidak akan seberat yang dirasakan apabila kita kebut semalam.

2. Manfaatkan waktu kosong di kelas untuk merangkum. Sadar atau nggak, ngerangkum itu bakalan kerasa bermanfaat banget loh untuk kita, karena lewat situ kita sendiri sebenarnya sudah mengulang pelajaran dan mengerti lebih dalam dengan bahasa kita sendiri. Percaya deh, kalau udah ngerangkum, materinya bakal lebih nempel di otak.

3. Don’t overthink too much, yet show the action. Banyak banget siswa dan siswi SMANSA yang stress gara-gara tugas numpuk sana-sini, kegiatan bentrok sana-sini, dan ada beribu-ribu tanggung jawab selanjutnya yang harus ia selesain. Saran dari kami, jangan pernah memikirkan hal-hal tersebut secara berlebihan. Nikmatilah! Jangan dibawa tegang dan penuh pikiran, tapi lebih baik langsung dijalankan secara enjoy kan daripada dipikirin terus tapi gaada hasilnya? Yang ada malah bikin tambah stress :p

4. Buat to-do-list kegiatan serapi mungkin. Ini nih salah satu tips yang kami anjurkan untuk dilakukan, karena lewat to-do-list sendiri kita bisa jadi lebih terorganisir untuk melaksanakan kewajiban kita, bahkan hingga hal-hal kecil seperti mengembalikan barang teman pun bisa kita tulis di to-do-list kita, jadi kita sendiri bisa belajar jadi orang yang lebih terorganisir.

5. Ikhlas. Percaya atau nggak, kalau kita ikhlas ngejalanin segala sesuatunya Insya Allah semua beban bakalan terasa lebih ringan mau seberat apapun itu. Ikhlas bakal lebih bikin kita niat untuk ngejalanin semuanya, dan Insya Allah hasilnya akan lebih baik kalau kita ikhlas.

Mungkin segitu aja tips yang bisa Obsbang share untuk teman-teman sekalian supaya bisa menyeimbangkan antara kegiatan ekskul dan organisasi. Satu pesan untuk Rantai Emas dan Jangkar Bahtera: Nikmatilah masa-masa setahun kedepan, karena masa-masa itu tidak akan terulang lagi J

No comments:

Post a Comment