Saturday, July 21, 2012

Mengapa harus ikut ekskul-organisasi SMANSA?

Dimulainya tahun ajaran baru menandakan adanya keluarga baru ; angkatan Jangkar Bahtera di tahun ajaran 2012/2013 telah resmi bergabung di Keluarga Besar SMA Negeri 1 Bogor. Hal tersebut tentunya seiringan dengan promosi dan perekrutan anggota baru untuk seluruh ekstrakurikuler dan organisasi di SMANSA. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah Kenapa harus ikut ekskul-organisasi SMANSA?

karena disanalah kalian akan merasakan apa itu "sekolah kehidupan"...


"Wah ekskulnya banyak banget, jadi bingung ikut yang mana"
"Saya pengen ikut ini, ini, dan ini. Kira-kira kebanyakan ga ya?"
"Teh, kira-kira saya bagusnya ikut ekskul apa ya?"

Semoga post saya kali ini bisa sedikit mencerahkan adik-adik semua.

Organisasi dan ekskul di SMANSA berjumlah 28 yang bergerak di bidang yang berbeda-beda. Ada yang bergerak di bidang kepramukaan, keagamaan, kewirausahaan, jurnalistik, seni, olahraga, dsb. SMANSA telah mewadahi siswa-siswinya untuk dapat menyalurkan bakat dan minatnya agar dapat terasah dengan baik dan dapat terus menceta prestasi yang gemilang. 


Bedanya?
Bedanya ekskul-organisasi di SMANSA adalah semuanya terorganisir dan terstruktur dengan baik. Masing-masing ekskul memiliki program kerja yang akan dilaksanakan ketika mereka menjabat. Selain itu, kegiatannya pun beragam, bukan hanya latihan atau pun kumpul rutin,  tapi juga kalian akan belajar menyusun suatu acara yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. Setiap ekskul juga memiliki perwakilan di OSIS yang bertugas untuk menjembatani antara OSIS dengan ekskulnya, ditambah juga dengan peran obsbang yang bertugas mengkoordinir seluruh ekstrakurikuler yang ada di SMANSA.


Manfaatnya?
Manfaatnya sangat banyak. Bukan hanya kemampuan dan bakat kalian saja yang terasah, tapi kalian akan banyak berkembang dan mendapatkan nilai-nilai kehidupan. Kalian akan banyak mendapatkan hal-hal yang tidak ada dalam buku pelajaran, mengenai soft skill yang kelak akan berguna ketika kalian menginjak jenjang perkuliahan. Bukan hanya itu, kalian juga akan merasakan apa itu perjuangan, totalitas, manajemen waktu, dan juga kebersamaan yang akan kalian anggap seperti "keluarga". Inilah ekskul SMANSA, sarana untuk kalian akselerasi diri, belajar sebanyak-banyaknya, mengemban amanah, berlelah-lelah yang selalu berujung dengan senyuman bahagia. Seluruhnya, turut berpartisipasi dalam HUT SMANSA yang dikemas dalam acara SMANSA Day.


Bagaimana Perasaannya?
Meski pada awalnya selalu campur aduk, namun sellau berakhir bagaia. Bahagia, ketika kita bisa banyak memberi, seiring pula dengan banyak manfaat yang akan kita dapatkan. Bahagia, ketika dapat menjadi orang yang bermanfaat, untuk orang lain, untuk SMANSA. Bahagia, karena dapat berdedikasi dan mengukir prestasi di sekolah yang sama-sama kita cintai ini.


Wah, saya mulai tertarik nih. Lalu saya harus ngapain ya?
Berpartisipasilah dan berperan aktif di dalamnya. Karena sebentar lagi, akan dimulai perekrutan anggota, dan disanalah kalian semua dapat mendaftar ke ekskul-organisasi yang kalian inginkan. Jangan lupa tetap seimbangkan kegiatan ekskul dan kegiatan belajar ya, jangan sampai dikesampingkan :)


Selamat datang di sekolah yang tidak pernah berhenti mengajarkan untuk selalu memberi, menjadi lebih baik, dan bersyukur di setiap harinya. Sekolah yang akan menunjukkan kepada kalian bahwa bahagia selalu sederhana, dan ikhlas tak pernah ada batasnya.


Jadi, jangan sia-siakan waktu yang kalian punya di SMANSA! Kami tunggu partisipasinya! :)


-Obsbang Cakrawala-

No comments:

Post a Comment