Friday, July 20, 2012

“Ini OSIS dan lu bisa dapet apa aja..”


Oleh :
Almitra Indira

“Ini OSIS dan lu bisa dapet aja..” , sepenggal kalimat ini memang  mampu merangkum barisan kalimat selanjutnya yang akan gue tulis. Karena yang akan gue ceritakan disini adalah tentang sebuah keluarga kecil, keluarga tanpa rumah. Namun anehnya, keluarga ini lah yang selalu menjadi tempat pulang bagi siapapun – kapan pun- dan dimana pun penghuninya. Sekali lagi, ini OSIS dan lu bisa dapet apa aja.
***
Setelah gue lulus SMP dan meneruskan SMA, gue udah janji sama diri sendiri kalau nanti ga bakal ikut ekskul/organisasi yang ribet dan sibuk. Gue janji bakal jadi anak SMA yang normal. Kehidupan SMA seperti apa yang normal bagi gue dulu?  Belajar- main- nonton- pulang siang- belajar- main, Well gue pikir siklus itu akan menjadi sangat menyenangkan untuk gue jalani mengingat masa SMP gue pun sangat sibuk dengan OSIS.
Tapi, setelah menjalani masa MOPDB 2010 dan melihat rangkaian display ekskul, bikin gue ngerasa ‘sayang banget’ kalau ga ikut apa-apa, akhirnya gue memutuskan ikut ekskul Tari dan Karawitan divisi Saman! So excited. Belum terlintas tadinya untuk mengikuti OSIS, sampai akhirnya saat MOPDB “benar-benar selesai” dan kita pun salam-salam an, di akhir kumpul-kumpul kelas, gue ngeliat orang-orang ber jas hitam itu berkumpul membentuk suatu lingkaran, lalu tiba-tiba aja mereka melakukan suatu ‘gerakan yel’ dengan mengepalkan tangal, menghentakan kaki, lalu meneriakkan sebuah kalimat-kalimat penyemangat. Saat itu juga, gue sadar. Sepertinya gue harus berjodoh dengan OSIS.
Sampai akhirnya gue benar-benar terjun disini. Melewati masa regenerasi yang.. benar-benar ga bisa di deskripsikan dengan kata-kata. Ikut menjadi saksi peristiwa-peristiwa SMANSA yang sangat menghadirkan atmosphere aneh. Aneh karena bikin gue ga bisa tidur dan senyum-senyum sendiri mengingat betapa beruntungnya gue bisa ada disini.
Dan gue, dipertemukan dengan sebuah keluarga beranggotakan 72 orang. Menjadi salah satu moment terbaik gue bisa hadir di antara mereka, Pionir. Memupuk rasa chauvinist dan rasa cinta yang menguat terhadap keseluruhan sudut SMANSA. Ini semua tentang yang pertama kali nya, gue menjadi orang di balik layar untuk moment-moment ‘pelukable’ smansa. Gue melewati ’masa kecil’ terbaik bersama 19 orang lainnya di Pionir Kecil J
Tapi waktu tidak pernah berhenti. SMANSA kembali kehadiran keluarga baru, Rantai Emas. Peran kakak di tangan untuk Meriam Baja, ataupun para Pionir Kecil yang akan menjadi tidak kecil lagi. Akhirnya, 17 November 2011 secara resmi OSIS Cakrawala dan MPK Exordia resmi dilantik. Ini tentang yang kedua kalinya dengan sudut pandang yang jauh berbeda dari tahun sebelumnya gue menjalani segala sesuatunya. Tentang regenerasi kedua, SMANSADAY 2012 dan... masih banyak moment yang bikin gue ga berhenti bersyukur karena pernah melewati ini semua di OSIS. Fyi, sampai detik ini, gue sedang menjalani masa-masa terbaik di kehidupan gue dengan OSIS. Masa-masa SMA yang tidak pernah lu bayangkan sebelumnya. Tentang melewati banyak akselerasi. Nangis, ketawa, kesel, capek, sayang, marah, kangen semuanya jadi satu untuk…. untuk lagi-lagi keluarga ini. Yang selalu membuat siapapun ingin pulang kembali ke sini.
Dan ketika gue mengetik tulisan ini, gue sedang menjalani tahun terakhir di sekolah kehidupan ini. Dengan segala moment yang ga pernah bisa ter-deskripsikan oleh kata-kata, gue ingin siapapun yang sedang membaca tulisan ini bisa ikut merasakan euphoria keluarga lintas generasi dengan segala hiruk pikuk penuh kecintaan, disini, di OSIS. Gue ingin kalian merasakan atmosphere merinding seperti yang selalu gue rasakan ketika meneriakan yel OSIS. Gue ingin kalian menemukan keluarga, teman, sahabat, partner, di sini, di OSIS.  Bagi yang ingin melakukan suatu kontribusi nyata untuk SMANSA, bagi yang ingin menjadi konseptor sekaligus pelaksana, OSIS adalah jodoh kalian.
Well, ga ada lagi kata-kata yang bisa mendeskripsikan betapa gue sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi bagian dari Keluarga Besar OSIS SMAN 1 Bogor. Akhir kata, terimakasih bagi yang sudah membaca. Semoga kalian berjodoh dengan OSIS, dan kita bisa ketemu yah J
“Ini OSIS, dan lu bisa dapet apa aja” – Ketua 1 OSIS Phinisi 2006/2007-  
OSIS, we’re gonna fight,fight, OSIS fight!
We’re gonna win, win, OSIS win!
We’re gonna fight fight fight, we’re gonna win win win,
We’re OSIS SMA 1…

-Sekretaris Umum OSIS Cakrawala 2011/2012-

No comments:

Post a Comment