Wednesday, October 19, 2011

Regenerasi dan Masa Menjabat: Samakah?

Masa-masa regenerasi di SMANSA sudah hampir selesai. Mungkin banyak diantara murid-murid SMANSA yang senang dengan berita mengenai usainya regenerasi di organisasi atau ekstrakurikuler mereka masing-masing. Banyak yang berpikir bahwa masa menjabat jauh lebih ringan dibandingkan apa yang dialami di masa regenerasi. Benarkah begitu?


Satu hal yang harus disadari. Selesainya masa regenerasi adalah sebagai gerbang pembuka perjalanan setahun ke depan, dan jabatan yang diduduki baik itu sebagai ketua maupun anggota, adalah sebagai media untuk mereka yang ingin berkontribusi.


Apakah masa regenerasi dan masa menjabat itu sama?
Sebetulnya pertanyaan ini akan kalian jawab sendiri seiring dengan berjalannya waktu dengan kalian sendiri sebagai pelaku utamanya. Jika kalian ingin tahu sama atau tidak, kembali ke tujuan regenerasi itu sendiri. Tapi disini, rentan waktunya yang berbeda, tidak sesingkat regenerasi.


Apakah yang akan kita hadapi di masa menjabat sama seperti saat masa regenerasi?
Sebenarnya, regenerasi itu sendiri sebagai gambaran awal untuk setahun kedepan. Jadi, jangan begitu saja melupakan pelajaran-pelajaran yang telah didapat selama masa regenerasi.


Lalu, apa yang harus kita lakukan selama masa menjabat?
Itu semua kembali kepada kalian, untuk apa kalian ada 'disana' ? Ingat kembali tujuan awal kalian berada disana. Pelajaran-pelajaran regenerasi itulah yang menjadi bekal setahun ke depan. Semua materi dan usaha kalian selama menjalani masa regenrasi tidaklah sia-sia. Resapi semua esensinya, pahami, lalu eksekusilah dengan cara kalian sendiri.


Tulisan ini bukan bermaksud untuk menakuti kalian yang sudah memulai masa jabatan, tapi untuk menyadarkan kembali bahwa waktu kalian telah tiba.


Regenerasi: Masanya mengembangkan diri
Lalu, sudah siapkah untuk mengembangkan organisasi dan ekstrakurikuler kalian setelah masa regenerasi ini?


Silakan dijawab dengan satu tahun yang berharga ini :)

No comments:

Post a Comment