Thursday, July 14, 2011

Merpati Putih

Profil
Merpati Putih atau biasa dikenal dan diucapkan masyarakat dengan singkatannya, yaitu MP ini merupakan salah satu ekskul bela diri di SMA Negeri 1 Bogor yang berorientasi pada kekuatan pernafasan. Meskipun dari tahun ke tahun jumlah anggota Merpati Putih selalu menjadi masalah utama ekskul ini, tetapi MP tetap dapat menunjukkan eksistensinya di SMA Negeri 1 Bogor. Merpati Putih ini sendiri mempunyai pelatih yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Bogor atau pelatih dari cabang Bogor.

Sejarah Berdiri
Kolat Merpati Putih di SMA Negeri 1 Bogor didirikan oleh Mbak Susi pada tahun 1992. mbak Susi tidak sendirian dalam mendirikan ini, beliau besama Mas Dadan dan Mas Haryo.
Setahun kemudian, ‘panji’ sub-kolat di SMANSA secara sah diserahkan pada mas Imam. di tahun ini Merpati Putih makin mandap mengepakan sayapnya di SMANSA. Menginjak tahun ketiga, MP SMANSA mulai bersaing. setelah jabatan jatuh ke tangan mbak Globia, berhasil memikat banyak peminat ekskul MP ini.
Menginjak tahun kelima, Mas Andi memberikan cap sub kolat SMANSA sebagai symbol pergantian kepengurusan pada Mas Akmal. Ketika itu, anggota MP baru saja selesai demonstrasi pada kelas 1. Kepemimpinan generasi kelima ini punya satu misi yang sangat jelas : “Mendirikan KOLAT di SMANSA”.
Kolat MP Smansa bertempat latihan di lapangan basket SMAN 1 Bogor. Sampai sekarang, MP merupakan ekstrakulikuler bela diri yang masih diminati. Namun, jumlah anggota per angkatan selalu berubah-ubah

Lambang dan Filosofi




Filosofi Lambang:
Perisai persegi lima menggambarkan Dasar Negara Republik Indonesia yaitu Pancasila. Telapak tangan menggambarkan semangat perjuangan, semangat kepahlawanan, semangat pembangunan, serta semangat gotong royong yang semua dapat diartikan dengan jiwa yang teguh, berjuang dengan gagah berani untuk mencapai tujuan yang suci. Merpati yang berwarna putih putih berarti cinta akan perdamaian dan berjiwa peri kemanusiaan yang adil dan beradab. Tulisan warna Merah ‘BETAKO’ yang di ambil dari “Beladiri Tangan Kosong”. Tulisan Merpati Putih dengan warna putih di atas pita merah dapat diartikan sebagai keberanian atas dasar kesucian. Merpati Putih sendiri merupakan singkatan dari “Mersudi Patitising Tindak Puskanae Titising Hening”, yang artinya:
Mer-sudi : Mencari sampai mendapatkan.
Pa-titising : Suatu titisan kedamaian lahir batin.
Ti-ndak : Tindakan yang telah di halalkan oleh Allah.
Pu-sakane : Sebagai bekal atau pusaka.
Ti-tising : Insan terkasih (manusia dan segala ciptaan-Nya).
Hening : Suci karena Allah.
Dalam bahasa Indonesia, artinya ia adalah “Mencari sampai mendapatkan suatu titisan kedamaian lahir batin, akan segala tindakan yang terpuji, untuk bekal atau pusaka ketentraman hidup di dunia sebagai insan suci ciptaan Tuhan Yang Maha Esa”. Atau secara singkat dapat diartikan : “Mencari sampai mendapat tindakan yang benar dengan ketenangan.

Susunan Kepengurusan Merpati Putih 2013/2014


DEWAN HARIAN
Ketua Umum                                               : Baginda Buyung Prayoga
Wakil Ketua                                                : Bari Ahmad Adhyasta
Perwakilan OSIS                                         : M. Fachri Awaludin    
Sekretaris                                                     : Alvin Dzaki Favian     
Bendahara                                                   : Rahmat Aria Baskara                              

Prestasi Lima Tahun Terakhir

    Sampai saat ini, prestasi konkrit Merpati Putih masih belum diketahui. Namun demikian, Merpati Putih masih cukup aktif dalam latihan dan bisa mempertahankan eksistensinya di SMAN 1 Bogor. Selain itu, dalam display MOPDB Merpati Putih selalu menarik perhatian banyak orang karena displaynya yang dinilai cukup menegangkan.

1 comment: