Thursday, July 14, 2011

Kateda

singkatan dari Karate Tenaga Dalam

Profil
Kateda yang merupakan singkatan dari Karate Tenaga Dalam adalah cabang ilmu beladiri yang kerap menambah warna baru di dunia ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Bogor. Selama menjadi ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Bogor Kateda dilatih oleh pelatih dari pusat meskipun sempat vakum beberapa saat and memiliki masalah mengenai keanggotaannya.

Sejarah Berdiri
Beladiri Pernapasan Tenaga Inti pada dasarnya berakar dari beladiri Kateda Indonesia yang diperkenalkan oleh Jimmy Tabaisyah di Kota Bandung sekitar tahun 1993, dan mulai dikembangkan sampai sekarang merambah ke kota lainnya di Indonesia di bawah asuhan Dr. Drs. I Made Suwandi, Msoc. Ph. D, Ir. Charles Poluan, MBA., Drs. Zamrowi, dan Drs. Jupan Tampubolon.
Salah satu ciri utama yang menjadi basis beladiri PTI adalah ilmu Kateda pengembangan teknik pernapasan untuk membangkitkan tenaga dasar secara sistematis dan metodologis, sehingga tenaga dasar tersebut dapat dikerahkan secara terkendali dan sadar ke seluruh bagian tubuh yang kita inginkan.
Pada tahun 1999, Perguruan Beladiri Kateda-PTI Ranting SMA Negeri 1 Bogor diaktifkan kembali oleh Kak Joko Sarjanako, ST, HDSE. Kemudian vakum dari latihan karena tidak adanya pelatih pada tahun 2001.
Lalu, pada tahun 2005, Perguruan Beladiri Kateda-PTI Ranting SMA Negeri 1 Bogor diaktifkan kembali oleh Kak Irvan Priyadi, SH hingga saat ini.

Lambang dan Filosofi




Filosofi Lambang:
Segilima yang menjadi bentuk dasar lambing melambangkan Kateda berazaskan Pancasila. Warna  putih artinya kesucian. Gunung Kateda menggambarkan asal muasalnya ilmu ini. Warna hitam yang artinya ketegaran dan kemantapan. Tali ikatan sabuk menggambarkan persaudaraan di antara sesama anggota Kateda. Warna biru melambangkan kedamaian. Tanda titik artinya ilmu pernapasan ini memerlukan konsentrasi. Sedangkan warna merah artinya berani.

Susunan Kepengurusan Kateda 2013/2014
DEWAN HARIAN

Ketua Umum                                                  : Bagas Yusuf Fakhruddin    
Perwakilan                                                      : Gaung Jagad            
Sekretaris                                                        : Alda Tazkia Fadhilah                       
Bendahara                                                       : Jaffar Gibrani                       
Koor. Latihan                                                  : Harris Fikren Taufik
Anggota                                                          : Taffy Azani
                                                                          Kianda Riosenta S

Prestasi Lima Tahun Terakhir
Sejauh ini, masih belum ada prestasi yang diraih oleh ekstrakurikuler kateda. Namun demikian, ekstrakurikuler Kateda masih cukup aktif dalam melaksanakan altihan-latihan.

No comments:

Post a Comment