Thursday, July 21, 2011

Curhat tentang Organisasi-Ekskul SMANSA

oleh : Linea Alfa Arina

Pengantar
DUA TAHUN LALU. Ya. Ga kerasa ternyata dua tahun lalu itu cepet banget. 2009 jadi tahun di saat gw galau milih ekskul organisasi apa aja yang pengen gw ikutin di SMANSA. Honestly, gw udah milih-milih ekskul-organisasi itu sejak MASIH TES SMANSA. It means, saat itu status gw masih CALON anak SMANSA yang pede diterima SMANSA, tapi kalau boleh klise, ekskul organisasi itu diam-diam jadi salah satu motivator gw biar ngerjain tesnya sungguh-sungguh. Alhamdulillah 12 Juni 2009, Allah menjawab doa gw, resmi deh Linea Alfa Arina  jadi siswi SMANSA J

Pendahuluan
OSIS. DKM. KIR. EMBASIS. Well, keempat organisasi-ekskul itu adalah yang gw pilih dulu. Dan di cerita kali ini, gw bakal lebih mengerucutkan cerita gw, yaitu bercerita tentang kehidupan gw, dan OSIS gw J ENJOY IT!

Isi
Mengetahui bahwa OSIS itu ada seleksinya, awalnya gw ragu, do I deserve being of of them? Tapi keraguan itu ga akan ada jawabannya sampai gw mengikuti seleksinya. Hmmm… mungkin kalian bakal gw bikin penasaran soal seleksinya, tapi gw akan tetap menggantungkan penasaran itu sampai kalian benar-benar mencoba mengikutinya :D

Alhamdulillah. Gw diterima menjadi pengurus OSIS di tahun pertama gw di SMANSA. Banyak banget yang gw dapet dan banyak banget hal yang seharusnya bisa gw beri melalui "media" (Re: OSIS) ini, khususnya buat sekolah-yang-paling-muridnya-cintai J satu hal yang sampai detik ini ga pernah gw lupakan : berlari, berkeringat, dan bergabung bersama otak-otak hebat itu membuat gw ga berhenti bersyukur!

Tapi mungkin timbul pertanyaan, kenapa sih ngebelain pengen ada di lingkungan OSIS? Ga ganggu pelajaran tuh? (pertanyaan ini mungkin bisa saja keluar ga cuma dari anak OSIS, anggap saja pertanyaan ini keluar dari seseorang yang masih ragu-ragu mau ikut ekskul-organisasi SMANSA apa nggak, apa pun itu)
Bagi gw yang punya orang tua yang sangat amat mempedulikan  nilai akademik, termasuk berat meyakinkan beliau-beliau kalau gw tetep bisa mempertahankan nilai di saat  gw memiliki banyak aktivitas non-akademik di sekolah. Tapi dengan suatu komitmen kecil gw waktu itu, mereka perlahan-lahan mengizinkan gw “nyemplung” di beberapa aktivitas non akademik J

Ekskul-organisasi SMANSA itu mengajarkan BAGAIMANA CARA SEIMBANG. Seimbang soal akademik dan non-akademik, seimbang otak kanan dan kiri. Dan bukan klise kalau ekskul-organisasi itu jadi pengembang bakat terpendam siswa/I SMANSA yang nantinya bisa berprestasi di bidang masing-masing. Siapa sangka kalau Ghilandy Ramadhan (baca : Ketua OSIS gw) yang sejak dini sudah dilatih menjadi ‘Presiden SMANSA’, suatu saat bakal mimpin Indonesia? Dan gw 10000% yakin, dia bakal berterima kasih sama OSIS SMANSA yang sudah menyediakan ladang baginya :p dan itu hanya sebagian contoh kecil dari semua manfaat organisasi-ekstrakurikuler SMANSA Bogor.

Ekskul-organisasi SMANSA juga mengajarkan BAGAIMANA MENYATUKAN BANYAK OTAK UNTUK BERAKTIVITAS BERSAMA-SAMA. Anak SMANSA banyak, otaknya banyak, hati dan pikirannya juga banyak, tapi kalau kalian rasakan, ekskul-organisasi SMANSA itu jadi tempat menahan egoisme para siswanya, karena bertemu banyak karakter, jadi saling memaklumi. Dan kalau ada lomba bagaimana bersosialisasi yang baik, siswa/I SMANSA yang aktif ekskul-organisasi pasti jadi juaranya deh :D
Teringat percakapan dua temen gw….
“Ih dia mah bukan anak organisasi-ekskul, jadi bisa belajar terus. Enak juga ya…” 
“tenang ajalah, nanti keluaran karakternya juga beda…” J
Dan gw yang mendengar kalimat di atas ini, senyum bangga bisa ada di lingkungan INTERNAL-nya ekskul-organisasi SMANSA.

Penutup
Tahun ini, tahun kedua gw di OSIS, dan di ekskul gw lainnya. Berarti tahun terakhir. Mungkin kalau gw sudah benar-benar berstatus OFFLINE, gw bakal kangen sama semua yang pernah gw lewatin. Kalau di OSIS, gw bakal kangen teriak yel-yel pembakar semangat sebelum-sesudah acara, kangen Kumpul jumat, kangen nagihin Proker-LPJ ke masing-masing sekbid, kangen ngeDANU pas SMANSA DAY, kangen di jarkom dan ngejarkom, intinya kangen tertawa dan menangis BERSAMA.

SO, bagi siapapun yang merasa ingin lebih merasakan SMANSA-nya SMANSA, ikut ekskul-organisasinya, ikut dan aktif di dalamnya ya :D ga akan pernah nyesel J

PS: Anyway, I’m very proud to have A GREAT OBSBANG OSIS this year :*

Dari orang yang sayang SMANSA dari segala sudutnya, sekian.

Linea Alfa Arina
Sekretaris Umum OSIS 2010/2011
Staff Departemen TI DKM 2010/2011
Staff Divisi Biologi KIR 2010/2011

No comments:

Post a Comment